Saturday, February 9, 2013

J K Rowling


Sebagai penggemar berat Harry Potter, apakah Anda tahu banyak tentang penulisnya, JK Rowling?

LONDON – Anda mungkin termasuk penggemar fanatik Harry Potter. Tetapi, berapa banyak yang Anda ketahui tentang penulisnya, JK Rowling? Berikut 10 fakta tentang penulis Inggris yang pekan ini mengedarkan buku terbarunya, The Casual Vancancy, seperti dikutip dari Telegraph, Kamis (27/9).
1). Anak laki-laki penyihir, Harry Potter dan penulisnya JK Rowling sama-sama berulang tahun: 31 Juli.

2). Rowling berganti stasus dari seorang pengangguran menjadi perempuan multijutawan dalam tempo lima tahun. Namun, sebagai remaja, dia tinggal di Grade II, sebuah pondok yang terdaftar di Gloucestershire, Inggris, dan dia mengatakan “itu bukan waktu yang menyenangkan dalam hidup saya.” Kala itu, ibunya menderita Multiple Sclerosis atau sclerosis multipel—gangguan yang menyerang pusat saraf otak--dan hubungan Rowling dengan ayahnya yang tidak harmonis.

3). Setelah menjadi Ketua Putri di  Wyedean School and College, dia lulus dari University of Exeter, Inggris, dengan gelar sarjana muda dalam bahasa Prancis dan Classics. Kemudian, dia bekerja sebagai peneliti untuk Amnesty International.

4). Rowling didiagnosis depresi klinis yang ia klaim memberikan inspirasi untuk menciptakan Dementor dalam seri Potter. Dia juga menderita insomnia sehingga dia bekerja hingga larut malam dan membaca hal-hal yang membuat pendapatnya kuat.

4). Rowling didiagnosis dengan depresi klinis yang ia klaim memberikan inspirasi untuk menciptakan Dementor dalam seri Potter. Dia juga menderita insomnia yang ia meletakkan untuk bekerja terlambat dan membaca hal-hal yang dia memiliki pendapat yang kuat.

5). Dalam kereta yang perjalanannya tertunda dari Manchester ke London pada 1990, Rowling menulis ide awal Potter pada serbet. Dia mengetik buku pertamanya,  Dia mengetik buku pertamanya, Harry Potter and the Philosopher's Stone di mesin tik. Sering kali dia menulis di kafe-kafe di Edinburgh, ditemani putri kecilnya, Jessica, yang sekarang berusia 19 tahun, yang dinamai Jessica Mitford, pahlawan muda Rowling.
 
 
6). Rowling bekerja sebagai guru bahasa Inggris di Portugal selama perkawinan singkatnya dengan wartawan Jorge Arantes, dan melahirkan Jessica. Di tengah kemakmuran yang dia raup saat ini, Rowling tidak ingin berhenti bekerja karena dia percaya itu akan menjadi contoh yang baik bagi anak-anaknya. Kini, dia memiliki seorang putra dan putri dari suami keduanya, dokter anestesi Neil Murray.

7). Menurut sebuah wawancara baru-baru ini, JK Rowling mengaku demi membeli gaun pengantin untuk pernikahan keduanya dengan Neil Murray, di harus menyamar agar tidak dikenali, ini adalah harga dari ketenaran yang tengah dia genggam.

8). Nama pena Rowling yang menggunakan inisial 'JK' adalah saran dari penerbitan agar identitasnya anonim. Sebab, ada ketakutan cerita sihir yang ditulis oleh seorang perempuan mungkin tidak populer. 'K' adalah awal dari nama neneknya 'Kathleen', karena Rowling tidak memiliki nama tengah sendiri. Gara-gara namanya ini, gadis bernama Francesca Gray menulis surat pertamanya kepada Rowling, "Dear Sir ... ' atau “Bapak yang baik ….”

9). Dua belas penerbit menolak naskah asli Harry Potter hingga akhirnya penerbit kecil Bloomsbury memberi dia kesempatan dengan uang muka yang minim. Sedikit saja yang tahu bahwa itu akan menjadi buku seral terlaris sepanjang sejarah. Buku ketujun dan terakhir Harry PotterHarry Potter and the Deathly Hallows memecahkan rekor penjualan sebagai buku yang paling cepat laris yang pernah ada.
 
10). Rowling dianugerahi penghargaan Order of the British Empire dalam Daftar Tamu Kehormatan di Ulang Tahun Ratu pada 2000 dan sebagai dermawan terkemuka yang telah menyumbangkan uang dan dukungan untuk badan amal terkenal, seperti  Comic Relief, One Parent Families, Multiple Sclerosis Society of Great Britain, dan Lumos, serta badan lain


Sumber:  http://www.shnews.co/detile-8513-10-fakta-tentang-jk-rowling.html

1 comment: