Tuesday, January 29, 2013

TOP 10: Nintendo DS RPG You Must Play!

Top 10 RPG Nintendo DS You Must Play!

Tidak dapat dipungkiri Nintendo DS adalah handheld gaming yang sangat populer dikalangan anak-anak jaman sekarang. Bisa dikatakan rival terbesar dari handheld buatan Sony yaitu Playstation Portable, namun Nintendo DS memberikan keunggulan untuk bermain dengan 2 buah layar dan fitur Touch Screen yang ditujukan kepada Gamer yang suka dengan Interactive Gaming.
Yah, meski begitu dengan adanya Next-Generation Handheld Gaming–sebut saja Nintendo 3DS, PS VITA, Nintendo Wii U–keberadaan Nintendo DS dan PSP mulai tersingkir. Akan tetapi, ada kalanya Gamers kangen dengan game-game klasik (nggak bisa dibilang klasik juga sih lol) di handheld lawas kesayangannya.

Berikut adalah Top 10 Game Nintendo DS ber-genre Role-Playing Game yang wajib untuk dimainkan.


P.S : Untuk ranking dibawah ini semuanya dibuat berdasarkan opini blog gamers
_____________________________________________________________________________
10. Kingdom Hearts 358/2 Days

Kingdom Hearts 358/2 Days menceritakan kisah seputar Roxas–Sang Nobody milik Sora, mengambil timeline tepat setelah event Kingdom Hearts tamat dan berjalan seiring waktu dengan event Kingdom Hearts: Chain of Memories. Sebagai salah satu anggota Organization XIII–terlebih lagi Roxas adalah pengguna Keyblade–dimana ia harus menjalankan berbagai macam tugas dan misi untuk menunaikan tujuan organisasi.
Merupakan seri Kingdom Hearts pertama yang dirilis untuk handheld Nintendo DS. Bila dinilai dari segi Storyline, Gameplay, Kontrol, fitur Multi-Player pertama di sepanjang seri Kingdom Hearts–jelas Kingdom Hearts 358/2 Days dapat dengan mudah menjebol peringkat 10 untuk Top 10 RPG untuk Handheld Nintendo DS. Untuk para fans Kingdom Hearts maupun bukan dijamin dapat menikmati cerita Kingdom Hearts yang satu ini–kental dengan nuansa Disney yang unik serta dikombinasikan dengan elemen RPG yang diambil langsung dari Final Fantasy–tak ketinggalan dipadu menjadi sebuah Action RPG yang patut diacungi jempol.

Dragon Quest IX: Sentinels of the Starry Skies

Dragon Quest, salah satu RPG jaman lawas yang terkenal hingga sampai detik ini juga. Bisa dibilang ini salah satu seri Dragon Quest yang tersukses diantara pendahulunya, menawarkan berbagai macam fitur baru yang membuat RPG klasik ini berevolusi menjadi RPG modern yang tak kalah dibandingkan RPG-RPG kelas atas lainnya.

Dragon Quest IX menceritakan Observatory, sebuah kerajaan yang terletak diatas langit dimana para Celestrians, malaikat tinggal dan mengawasi dunia dari malapetaka. Namun suatu ketika, Observatory diserang oleh kekuatan jahat yang misterius–tipikal RPG klasik, dan menyebabkan kita sang tokoh utama terjatuh ke bumi dan menjadi manusia biasa. Terlepas dari storyline dan plot yang klasik, DQ IX tidaklah semembosankan yang anda kira.


The Legend of Zelda: Spirit Tracks merupakan salah satu game NDS terlaris di tahun 2010. Lagipula, siapa sih yang tidak kenal jagoan utama The Legend of Zelda? Link yang identik dengan rambut pirang, telinga runcing, dan warna hijau dari topi hingga celananya–tak ketinggalan sebuah pedang dan perisai yang selalu menyertainya. Meski saya sendiri bukan fans berat The Legend of Zelda Series, tapi yang satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Menceritakan 100 tahun setelah game The Legend of Zelda: Phantom Hourglass yang dirilis untuk Handheld NDS pula, seorang inkarnasi dari protagonis Link, melakukan perjalanan menuju Hyrule Castle untuk mendapatkan sertifikat gelar engineernya sebagai seorang ahli mesin dari Princess Zelda. Hanya saja ada beberapa masalah yang membuat sertifikatnya jadi tidak berlaku–keadaan dimana kereta sudah tidak digunakan lagi karena “Spirit Tracks”, kini protagonis baru kita harus melakukan perjalanan untuk mengetahui kebenaran dibalik “Spirit Tracks” ini.

Final Fantasy IV

Bukan Gamer kalau tidak tahu seri Final Fantasy, RPG kelas kakap garapan Squaresoft yang kini dikenal sebagai Square Enix. FF IV versi DS merupakan versi “Remastered” dari seri FF IV klasik, dimana tampilan grafis telah disulap dari 2D menjadi 3D–meski terbatas dengan kemampuan grafis NDS. Dengan penambahan Voice Actor dan animasi yang lebih terarah, membuat FF IV versi DS sasaran tepat untuk para fans FF IV klasik.

FF IV menceritakan Cecil, seorang Dark Knight bersama teman seperjuangannya yang seorang Dragoon, Kain. Merasakan keraguan akan perintah sang raja, merasakan harga diri serta pangkatnya dicabut secara tidak terhormat, merasakan pengkhianatan dan penyalahgunaan kepercayaan dari teman terdekatnya, merasakan kehilangan orang yang dicintainya–FF IV akan membuatmu tenggelam kedalam storyline yang penuh konflik dan emosional.

Mario & Luigi: Bowser's Inside Story

Tukang ledeng yang satu ini telah kembali! Tapi tak lama kemudian, Mario dan Luigi ditelan oleh Bowser–musuh abadi sang protagonis. Lantas, tamatkah sudah riwayat Mario dan Luigi? Oh tentu tidak, kisah petualangan mereka tidak berakhir sampai di ujung lambung Bowser–malahan kisah petualangan mereka baru dimulai!

Dengan fitur 2 layar yang disediakan Nintendo DS, Gamer dapat menjelajahi 2 dimensi sekaligus–bermain sebagai Mario dan Luigi yang terperangkap didalam tubuh Bowser atau bermain sebagai Bowser yang menjelajahi dunia luar. Bowser’s Inside Story memiliki storyline dan gameplay yang sangat kuat, sehingga dinobatkan sebagai “the best RPG-style Mario adventure ever made”.

Radiant Historia

Pernahkah kamu sebagai Gamer, dihadapkan oleh sebuah pilihan sulit? Dimana pilihan ini sanggup mengubah segalanya–storyline, nasib karakter, gameplay, dan lain sebagainya? Dimana kamu sebagai Gamer harus bersiap dengan jurus “Save>Quit Game>Load Game” berkali-kali hingga mendapatkan rute yang diinginkan? Ini dia Game yang patut anda cicipi, Radiant Historia menawarkan inovasi gameplay RPG yang sangat menawan–dimana kamu bisa mencoba seluruh pilihan yang disediakan tanpa harus mengulang Save Point–melainkan ini bagian dari game tersebut.

Menggunakan konsep Time-Travel dan Parallel Universe membuat Radiant Historia menjadi salah satu RPG yang patut diacungi jempol, agak mirip dengan konsep Chrono Trigger–dimana Gamer dapat kembali ke event tertentu dan membuat pilihan berulang-ulang kali untuk menemukan rute atau skenario berbeda. Tujuan dari Radiant Historia adalah untuk menciptakan “True Future”, dimana anda sebagai Gamer ditantang untuk menjalani ratusan rute dan skenario bercabang–dan tentu saja menghindari “Bad Ending”.

Golden Sun: Dark Dawn

Golden Sun merupakan title RPG klasik dari GameBoy Advance yang sangat populer, kini pada Golden Sun: Dark Dawn–anda bermain sebagai anak-anak dari para tokoh utama seri Golden Sun lama. Mencampuradukkan elemen RPG dan Puzzle yang membuat anda ketagihan pastinya. Belum lagi untuk para fans Golden Sun yang sudah menanti-nanti sekuel, benar-benar top recommended deh pokoknya!
Plot cerita Dark Dawn menceritakan kelanjutan 30 tahun setelah perjuangan Isaac, Felix, dkk di  Weyard, dimana alchemy merupakan sumber dari 2 kekuatan besar–kekuatan untuk menciptakan dan menghancurkan dunia.

Chrono Trigger

Bila anda seorang Gamer, harusnya cukup familiar dengan title yang satu ini–yak Chrono Trigger. Salah satu masterpiece garapan Squaresoft, sebuah RPG dengan beberapa inovasi yang cukup membuat Chrono Trigger menjadi salah satu best RPG sepanjang masa. Dengan konsep Time-Travel yang membuat Gamer dapat berkelana mengarungi 7 era sejarah dan dimana apa yang Gamer perbuat di masa lalu selama Time-Travel dapat mempengaruhi masa depan.

Dan versi remake untuk Handheld DS yang cukup sukses membuat Chrono Trigger pantas masuk ke Top 10 Nintendo DS Rpg yang tak boleh dilewati!

Pokemon Black Version 2

Gotta Catch em’ all! Slogan yang saya jamin sudah tidak asing bagi para Gamer maupun non-Gamer. Pokemon kini senantiasa hadir di Handheld Nintendo DS dengan tambahan fitur-fitur baru yang membuatnya selalu sukses kapanpun dan dimanapun. Tak perlu disangkal lagi, Pokemon merupakan salah satu franchise yang dikenal baik oleh seluruh dunia dari kalangan muda sampai tua. Belum lagi instalasi terbarunya, Pokemon Black Version 2 yang sangat epic–menambahkan 156 Pokemon baru yang menjadikan total Pokemon sekarang sebanyak 649 Pokemon. Belum lagi ditambah fitur Pokemon World Tournament–dimana Gamer dapat mengadu Pokemon dengan Gym Leader diseluruh seri baik dari Red/Blue/Yellow, Gold/Silver/Crystal, Ruby/Sapphire/Emerald, Diamond/Pearl/Platinum hingga sekarang. Ada juga PokeStar Studio, dimana Gamer dapat membuat film bersama Pokemon kesayangan Gamer.
Bahkan rasanya tidak perlu diungkapkan dengan kata-kata pun–Pokemon selalu jadi target pertama untuk para pemegang Handheld Nintendo.

The World Ends With You

Yak…Pasti pada mengira adanya konspirasi mengapa Pokemon atau Chrono Trigger tidak dinobatkan menjadi RPG no 1 di Handheld Nintendo DS–karena adanya The World Ends With You tentunya.
Biar saya jelaskan, mungkin banyak yang mengira karena saya ini fanboy-nya TWEWY–tapi tidak. TWEWY sendiri sebagai RPG standalone garapan Square Enix dan Jupiter memang merupakan salah satu ‘Best-Selling NDS Games’–terbukti dari versi Remake untuk iOS yang belakangan ini baru dirilis.
The World Ends With You menawarkan konsep RPG baru dimana memang sangat cocok untuk Interactive Gaming di Handheld Nintendo DS, memaksimalkan fitur Touch Screen, Dual Screen, Microphone, dsb. Belum lagi Soundtrack yang benar-benar memorable–dan tidak ketinggalan Storyline yang memukau, Gameplay yang adiktif, dan Replay Value yang luar biasa.

Mengambil setting Shibuya yang disulap menjadi medan pertempuran, seorang remaja anti-sosial bernama Sakuraba Neku yang baru saja mati–terbangun di tengah keramaian kota Shibuya, berpartner bersama rekan-rekannya untuk memenangkan “The Reaper’s Game” untuk mendapatkan kesempatan kedua untuk hidup kembali. Dan setting yang diambil dari Shibuya–jelas bukan hanya bangunannya, tetapi kebudayaannya–sebut saja Fashion, golongan-golongan tertentu, trend, dan masih banyak lagi.

Dari segi Gameplay, TWEWY menawarkan sistem Battle yang sangat unik–sistem Battle yang dibagi dalam 2 layar, dimana memungkinkan Gamer untuk mengontrol Neku dan Partner-nya bersamaan dengan D-Pad dan Touch Screen, dan tentu saja TWEWY memanfaatkan kontrol Nintendo DS secara maksimal–mulai dari meniup Microphone, menutup layar, dsb.

Overall, TWEWY adalah salah satu dari banyaknya Game Nintendo DS yang wajib dimainkan–terlepas dari genre RPG.
_____________________________________________________________________________

Yah itu akhir dari sesi Top 10 minggu ini, padahal banyak sekali RPG Nintendo DS yang berpotensi masuk ke Top 10 kali ini–sebut saja : Rune Factory, Etrian Odyssey, Fire Emblem, Suikoden Tierkris, Kingdom Hearts Re:Coded, Final Fantasy III, dsb. Tapi ya, harapan saya adalah di Top 10 diatas adalah RPG andalan saya untuk mempromosikan Handheld NDS yang sebentar lagi bisa dibilang “mati” karena sebagian besar sudah hijrah ke Next-Gen Handheld.


1 comment:

  1. Nyari Game Nds? tapi Ga Ketemu Ketemu? Silahkan Ke sini Gan
    http://nekonice.blogspot.co.id/2017/11/download-game-nds.html
    Mohon Ramaikan ^^

    ReplyDelete