Sunday, February 10, 2013

Novel Seri Sherlock Holmes

Sherlock Holmes , Bagi para pencinta novel khususnya serial detektif itu pasti sudah tidak asing bahkan menjadi idola sejak tahun penerbitan pertamanya pada tahun 1886. cerita fiksi karangan pengarang berkebangsaan inggris Sir Arthur Ignatius Conan Doyle. Sherlock Holmes adalah detektif fiktif berkebangsaan Inggris. Sherlock Holmes menyebut dirinya "detektif konsultan", dimana di memiliki keahlian untuk memecahkan suatu kasus-kasus yang dianggap sulit atau sama sekali sudah tidak bisa dipecahkan oleh polisi maupun detektif lainnya. Bahkan dalam beberapa kasus dia bisa memecahkan suatu kasus tanpa beranjak dari rumahnya sama sekali hal itu karena dia memiliki kemampuan yang sangat handal dalam menyelesaikan kasus-kasus dengan menggunakan pengetahuannya yang luas serta daya analisis yang luar biasa mungkin bagi para pembaca dapat dikatakan "Langka" dan sangat sulit dipercaya seperti dia dapat menganalisis langsung mengenai pribadi serta hal-hal yang baru saja dilakukan oleh sang klien. Hal itulah yang menjadikan klien tersebut dibuat tercengang dan percaya akan kemampuannya.
 
http://media.ohlog.com/tendou_08s020jgq8h0drx.jpg
 

Sherlock Holmes biasanya ditemani oleh rekannya seorang dokter, Dr.Watson dalam petualangannya, yang memiliki kemampuan deduksi dalam memecahkan suatu kasus. Sherlock holmes tinggal di pondok kepunyaan Mrs.Hudson yaitu di 221B Baker Street sejak tahun 1881 dia tinggal bersama dr. John H.Watson sampai akhirnya dr.Watson menikah dengan Mary Morstan pada tahun 1890. Dalam sebagian besar cerita Holmes ditemani oleh dr. Watson, yang bukan hanya rekannya, tapi juga merupakan penulisnya. Kebanyakan cerita Holmes diceritakan oleh dr. Watson, tentang penyelesaiannya dalam masalah kriminal di cerita-cerita selanjutnya, Holmes mengkritik Watson atas tulisannya karena Watson menulisnya seperti cerita biasa dan bukannya penjelasan ilmiah. Holmes mempunyai seorang kakak, Mycroft Holmes , yang muncul di 3 cerita, Penterjemah Yunani, Kasus Terakhir, dan Rencana Bruce-Partington.

Pada dua dekade terakhir abad ke-19, Watson tinggal di tempat yang sama dengan Holmes dan menjadi asisten dan penulis biografi dari detektif terkenal tersebut. Dari 60 cerita Sherlock Holmes yang diterbitkan oleh Conan Doyle, 56 diantaranya diceritakan dari sudut pandang Watson (dua ditulis dari sudut pandang Holmes, dan dua lagi oleh orang ketiga). Sumber-sumber non-kanon (cerita Holmes yang tidak ditulis oleh Conan Doyle) menyebutkan nama tengahnya adalah Hamish, sehingga nama lengkapnya adalah Dr. John Hamish Watson .

Dalam kisah pertama Sherlock Holmes Penelusuran Benang Merah , Watson, mengisahkan dirinya bertemu Holmes, dan akhirnya tinggal di kamar yang sama di Baker Street 221B . Selanjutnya Watson mencoba menebak profesi Holmes, dan akhirnya Holmes mempercayai Watson dan akhirnya terlibat dalam kasus pertama mereka. Watson menuliskan tentang Holmes, metodenya dan kasus tersebut secara rinci dalam Penelusuran Benang Merah , namun Holmes menganggap tulisan tersebut terlalu romantis dan sentimentil. Akhirnya, Holmes dan Watson menjadi sahabat karib .Watson merupakan seorang dokter yang cukup berpengalaman. Watson menjadi dokter militer di korps medis Angkatan Darat Britania di Afganistan, namun dibebas tugaskan karena terluka akibat tembakan Jezail saat bertugas dalam Pertempuran Maiwand . Ia hampir terbunuh saat mundurnya pasukan Britania dalam pertempuran tersebut, namun diselamatkan oleh pembantunya Murray . Saat Watson baru pulang dari Afganistan, ia menjadi amat kurus dan coklat.

Mari kita mengetahui sosok Pengarang novel ini lebih jauh yaitu Sir Arthur Ignatius Conan Doyl e . Sherlock Holmes . Sir Arthur Ignatius Conan Doyle (lahir 22 Mei 1859 - meninggal 7 Juli 1930 pada umur 71 tahun) . Doyle dilahirkan pada tahun 1859. Ia mendapat gelar dokter dari Universitas Edinburgh dan Setelah menyelesaikan pendidikannya di bidang kedokteran, Conan Doyle menghabiskan waktu kurang lebih satu tahun dengan bekerja sebagai dokter dalam sebuah kapal yang berkeliling dunia.
 
http://media.ohlog.com/tendou_sir-arthur-conan-doyle.jpg

Saat kembali ke Inggris, pada 1882 Conan membuka praktek kedokteran di Southsea yang terletak di daerah pantai di bagian selatan Inggris. Awalnya kehidupan Conan Doyle sangat susah karena dia hanya memiliki sangat sedikit pasien dan dia harus bekerja keras untuk memperoleh uang guna membiayai hidupnya.Walaupun itu adalah satu masalah dalam praktek kedokterannya, namun semua itu sangat membantu Conan Doyle dalam mengasah kemampuannya dalam menulis karena memiliki banyak waktu luang .Kemudian Conan Doyle pindah ke kota London untuk terus bekerja sebagai dokter.

Namun pada tahun 1891 dengan penuh rasa percaya diri Conan Doyle beralih profesi dari dunia kedokteran dan memilih menjadi seorang penulis Ia mengarang banyak cerita, dua diantaranya tidak pernah dipublikasikan. Sir Arthur Conan Doyle juga mendasarkan penciptaan Holmes atas gurunya di Fakultas Kedokteran Universitas Edinburgh, seorang ahli bedah yang sangat berbakat dan juga detektif forensik Joseph Bell , yang mana ilmu forensik menjadi ilmu baru pada waktu itu. "Holmes" dinamakan atas Oliver Wendell Holmes yang sangat dikagumi oleh Conan Doyle, dan atas atlet kriket Inggris yang bernama Sherlock .

Cerita pertama nya yang berjudul A Study in Scarlet ( Penelusuran Benang Merah ) ini diterima publik dengan baik. Akan tetapi, ketenaran tokoh itu baru dimulai pada tahun 1891 ketika ia menulis serial petualangan Sherlock Holmes bersama sahabat setianya, Dr. Watson, dalam bentuk kompilasi cerita pendek. Kumpulan ceritanya sendiri baru beredar di Inggris tanggal 14 Oktober 1892 diterbitkan oleh George Newnes Ltd. sedangkan versi Amerika diterbitkan oleh Harper.
http://media.ohlog.com/tendou_200px-sherlock-holmes-statue-at-meiringen1.jpg

Selama perang Boer yang terjadi pada tahun 1899-1902 Conan Doyle menyumbang waktunya bekerja sebagai seorang dokter tentara di Afrika Selatan dan secara resmi hasil kerjanyadi Afrika Selatan itu diakui oleh pemerintah Inggris sehingga dia dianugrahi gelar "SIR". Sir Arthur Conan Doyle meninggal dunia pada tahun 1930. Conan Doyle adalah seorang penulis yang berdedikasi tinggi dan selama hidupnya dia menghasilkan berbagai macam buku dan tulisan.

Walaupun dia juga menulis berbagai macam tulisan dengan pokok masalah yang bermacam-macam akan tetapi dia menjadi lebih terkenal karena buku-buku dan cerita-ceritanya tentang detektif Sherlock Holmes, walaupun pada tahun 1893 dia berniat mengakhiri kisah detektif tersebut dengan ceita kematian holmes dalam kasus Kisah Penutup di air terjun Reichenbach, Swiss akan tatapi karena banyaknya desakan dari para penggemar pada saat itu maka Conan Doyle menghidupkan kembali karakter ini dalam kasus Kembalinya Sherlock Holmes . Terbitan pertama ini dicetak sebanyak 30.000 kopi yang segera habis terjual. Edisi Amerika yang diterbitkan oleh McClure, Phillips & Co , juga laris terjual dan dicetak kembali sebanyak 28.000 kopi . dan karena kisah detektif Shelock Holmes ini pula dia dikenang sampai dengan hari ini .

Novel Sherlock Holmes karangan Sir Arthur Conan Doyle ini dalam kurun waktu antara tahun 1886-1927 telah terbit kurang lebih sebanyak 60 judul cerita ( Walaupun Ada sebagian pihak yang mengatakan ada 63 judul). Berikut daftar nya
 
http://media.ohlog.com/tendou_hound-basker.jpg



NOVEL DETEKTIF SHERLOCK HOLMES :

  1. Sherlock Holmes - A Study in Scarlet 1887
  2. Sherlock Holmes - The Sign of the Four 1890
  3. Sherlock Holmes - A Scandal in Bohemia 1891
  4. Sherlock Holmes - The Red Headed League 1891
  5. Sherlock Holmes - A Case of Identity 1891
  6. Sherlock Holmes - The Boscombe Valley Mystery 1891
  7. Sherlock Holmes - The Five Orange Pips 1891
  8. Sherlock Holmes - The Man with the Twisted Lip 1891
  9. Sherlock Holmes - The Adventure of the Blue Carbuncle 1892
  10. Sherlock Holmes - The Adventure of the Speckled Band 1892
  11. Sherlock Holmes - The Adventure of the Engineer's Thumb 1892
  12. Sherlock Holmes - The Adventure of the Noble Bachelor 1892
  13. Sherlock Holmes - The Adventure of the Beryl Coronet 1892
  14. Sherlock Holmes - The Adventure of the Copper Beeches 1892
  15. Sherlock Holmes - Silver Blaze 1892
  16. Sherlock Holmes - The Yellow Face 1893
  17. Sherlock Holmes - The Stock Broker's Clerk 1893
  18. Sherlock Holmes - The Gloria Scott 1893
  19. Sherlock Holmes - The Musgrave Ritual 1893
  20. Sherlock Holmes - The Reigate Puzzle 1893
  21. Sherlock Holmes - The Crooked Man 1893
  22. Sherlock Holmes - The Resident Patient 1893
  23. Sherlock Holmes - The Adventure of the Cardboard Box 1893
  24. Sherlock Holmes - The Greek Interpreter 1893
  25. Sherlock Holmes - The Naval Treaty 1893
  26. Sherlock Holmes - The Final Problem 1893
  27. Memoirs of Sherlock Holmes 1894
  28. Sherlock Holmes - The Hound of the Baskervilles 1902
  29. Sherlock Holmes - The Adventure of the Empty House 1903
  30. Sherlock Holmes - The Adventure of the Norwood Builder 1903
  31. Sherlock Holmes - The Adventure of the Dancing Men 1903
  32. Sherlock Holmes - The Adventure of the Solitary Cyclist 1903
  33. The Return of Sherlock Holmes 1904
  34. Sherlock Holmes - The Adventure of the Priory School 1904
  35. Sherlock Holmes - The Adventure of Black Peter 1904
  36. Sherlock Holmes - The Adventure of Charles Augustus Milverton 1904
  37. Sherlock Holmes - The Adventure of the Six Napoleons 1904
  38. Sherlock Holmes - The Adventure of the Three Students 1904
  39. Sherlock Holmes - The Adventure of the Golden Pince-Nez 1904
  40. Sherlock Holmes - The Adventure of the Missing Three-Quarter 1904
  41. Sherlock Holmes - The Adventure of the Abbey Grange 1904
  42. Sherlock Holmes - The Adventure of the Second Stain 1904
  43. Sherlock Holmes - The Valley of Fear 1904
  44. Sherlock Holmes - The Adventure of Wisteria Lodge 1908
  45. Sherlock Holmes - The Adventure of the Bruce-Partinton Plans 1908
  46. Sherlock Holmes - The Adventure of the Devil's Foot 1910
  47. Sherlock Holmes - The Adventure of the Red Circle 1911
  48. Sherlock Holmes - The Disappearance of Lady Frances Carfax 1911
  49. Sherlock Holmes - The Adventure of the Dying Detective 1913
  50. Sherlock Holmes - His Last Bow 1917
  51. The Adventure of the Mazarin Stone 1921
  52. The Problem of Thor Bridge 1922
  53. The Adventure of the Creeping Man 1923
  54. The Adventure of the Illustrious Client 1924
  55. The Adventure of the Sussex Vampire 1924
  56. The Adventure of the Three Garridebs 1924
  57. TheAdventure of the Blanched Soldier 1926
  58. The Adventure of the Three Gables 1926
  59. The Adventure of the Lions Mane 1926
  60. The Adventure of the Retired Colourman 1926
  61. The Adventure of the Veiled Lodger 1927
  62. The Adventure of Shoscombe Old Place 1927
  63. The Case Book of Sherlock Holmes 1927

Sedikit Pesan para pembaca novel pemula (novel ini khususnya) untuk Fokus dalam membacanya agar anda tidak pusing dalam memahami ceritanya. Karena novel ini mengandung analisis yang lumayan rumit untuk dimengerti bagi pembaca pemula novel ini.


1 comment: